Paket Pernikahan Adat Aceh: Indri dan Aby

by sandraproject

Paket-pernikahan-adat-aceh-01Paket-pernikahan-adat-aceh-04Paket-pernikahan-adat-aceh-03

Indri sedang melalui proses rias untuk tampil sebagai sang Ratu. Perhiasan berwarna keemasan yang akan dipakai dari kepala hingga ujung kaki pun juga telah disiapkan. Diantaranya terdapat Patam Dhoe, hiasan kepala yang dilingkarkan di dahi, tepat pada dahi terdapat lempeng emas berbentuk mahkota yang diukir dengan motif tumpal dan sulur daun. Culok Ok, nama dari tusuk sanggul dalam bahasa Aceh. Juga Taloe Kiieng, yaitu seutas tali pinggang yang terbuat dari perak sepuh emas.

Paket-pernikahan-adat-aceh-02

Sementara untuk sang Raja, Aby, disiapkan kopiah (kupiah meukeutob). Kopiah ini bentuknya seperti topi bangsa Turki yang dililiti dengan kain tengkuluk, yaitu kain yang terbuat dari sutera berwarna merah hati, penuh dengan hiasan motif.

Paket-pernikahan-adat-aceh-09Paket-pernikahan-adat-aceh-08

Pilihan tema nuansa keemasan dan merah marun telah menciptakan atmosfir pesta yang mewah dan terang berkilau. Pada pelaminan 5 pintu diberikan warna putih sebagai tambahan dari paduan warna tersebut sehingga nampak semakin megah dan hidup.

Paket-pernikahan-adat-aceh-10Paket-pernikahan-adat-aceh-11

Tari Ranup Lampuan merupakan tarian pembuka yang mengawali resepsi pernikahan Indri dan Aby. Tarian ini adalah salah satu tarian tradisional Aceh yang biasanya ditarikan untuk penghormatan dan penyambutan tamu secara resmi.

Tari Ranub Lampuan dalam bahasa Aceh, berarti sirih dalam puan. Ranub adalah sirih. Puan adalah tempat sirih khas Aceh. Karya tari yang berlatar belakang adat istiadat masyarakat Aceh ini menceritakan bagaimana dara-dara Aceh menghidangkan sirih kepada tamu yang datang. Geraknya menceritakan proses memetik, membungkus, meletakkannya daun sirih ke dalam puan, sampai menyuguhkan sirih kepada yang tamu pada pesta tersebut.

Paket-pernikahan-adat-aceh-12

Senyum ceria sang mempelai wanita sepanjang pesta menyambut ucapan selamat dari para tamu. Lukisan daun pacar / inai pada tangannya melambangkan harafiah harapan adat akan kedudukan Indri selanjutnya sebagai pelipur lara Sang Suami, dan Istri sebagai perhiasan rumah tangga. Nuansa marun yang menjadi pilihan busana pengantin membuat wajahnya semakin bersinar, riasan khas pengantin aceh yang serba ke emasan dan agung seakan memperjelas keberadaannya sebagai Sang Ratu dalam pesta tersebut.

Paket-pernikahan-adat-aceh-13

Berbalut busana pengantin pria khas Aceh yang berwarna hitam (peukayan linto baru), membuat penampilan Aby semakin berwibawa. Hitam dalam tradisi Aceh bermakna kebesaran / kegagahan. Manakala seorang pria mengenakan baju dan celana hitam maka dianggap pria tersebut sedang mengenakan pakaian kebesarannya. Pesta pernikahan merupakan salah satu peristiwa istimewa dimana sang pria di wajibkan memakai pakaian adat atau jas tutup berwarna hitam.

Paket-pernikahan-adat-aceh-14

Selalu ada expresi unik dari setiap pasangan🙂. Expresi yang menunjukkan kelegaan pada akhir acara bahwa semua berjalan lancar seperti yang direncanakan. Melihat expresi bahagia dari keduanya merupakan suatu kepuasaan tersendiri. Congrats Indri dan Aby!

Paket-pernikahan-adat-aceh-16

Selamat berbahagia pengantin baru! Terimakasih untuk kepercayaan yang diberikan pada Sandra’s Project, Perancang Paket Pernikahan. Semoga berbahagia selalu!