Paket Pernikahan Adat Sunda di Gedung Persada

by sandraproject

Pagi yang cerah di buka dengan senyum ceria Shera, si calon mempelai wanita. Persiapan make up dan busana yang sudah dimulai dari pukul 05.00 pagi setimpal dengan “geulis” nya sang calon pengantin. Dalam balutan kebaya berjilbab dan nuansa putih adat Sunda, Shera siap memulai akad nikah yang akan berlangsung pagi hari itu.

Sementara seyum yang sama juga terbersit pada wajah Firman calon mempelai pria. Menyiratkan pancaran hati yang pastinya sulit diungkapkan dengan ribuan kata sekalipun “picture really paints thousands of words”.

Paketpernikahansunda-01Paketpernikahansunda-02

Mengiringi persiapan “upacara pertemuan” antara rombongan calon mempelai pria dengan rombongan calon mempelai wanita, Sandra’s Project dan team memastikan beberapa perlengkapan pendukung. Diantaranya rangkaian kalung melati untuk dikalungkan pada calon mempelai pria oleh ibunda calon mempelai wanita, air putih yang akan diminumkan pada calon mempelai pria, serta wadah emas berisi air bunga untuk acara adat. Semua siap tersusun rapih pada tempatnya, begitu pula dengan setting area akad nikah.

Paketpernikahansunda-03Paketpernikahansunda-04Paketpernikahansunda-05

Setelah pembacaan ijab kabul, sematan cincin pada masing-masing jari menandakan dimulainya babak baru kehidupan kedua mempelai dalam bahtera rumah tangga sebagai suami istri.

Paketpernikahansunda-06

Shera dan Firman pun melakukan rangkaian prosesi adat Sunda. Bakar harupat (lilin) merupakan prosesi adat SAWER. Kemudian injak telur, cuci kaki, huap lingkung, sungkeman dan lepas japati.

Setiap prosesi mempunyai falsafah tersendiri yang lebih merupakan pesan petuah dari para pendahulu untuk diingat sebagai bekal dalam berumah tangga nanti. Petuah-petuah tersebut diberikan oleh Juru Sawer dalam campuran bahasa Sunda dan Indonesia agar lebih mudah dimengerti oleh keduanya juga para undangan yang menyaksikan.

Acara suapan yang dijalani adalah pesan petuah dari para pendahulu agar dalam berumah tangga keduanya selalu saling melayani dan berbagai dalam rejeki, dalam suka maupun masa-masa sulit.

Paketpernikahansunda-07Paketpernikahansunda-08Paketpernikahansunda-09

Ruang Boeing di Persada Sport Club Halim Perdana Kusuma dipastikan telah siap untuk pesta yang akan berlangsung. Setting dekorasi gazebo dengan hiasan lampu crystal dipadu dengan meja galery mini frame dan standing bunga diatur saling mengisi, menyisakan tiada ruang kosong sepanjang karpet merah menuju pelaminan.

Paketpernikahansunda-10Paketpernikahansunda-11Paketpernikahansunda-14Paketpernikahansunda-16Paketpernikahansunda-15

Catering merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan suatu pesta. Bagaimana layout meja diatur dengan apik agar tamu undangan dapat makan dengan nyaman dan pemilihan menu yang tepat merupakan hal penting yang tidak dilupakan sang tuan rumah.

Paketpernikahansunda-12Paketpernikahansunda-13Paketpernikahansunda-13dPaketpernikahansunda-13cPaketpernikahansunda-13b

Hijau adalah warna favorit sang pengantin wanita. Senyum ceria yang membingkai setiap wajah dalam gambar abadi ini adalah doa dan syukur akan kebahagiaan kedua mempelai sampai akhir hayat nanti.

Paketpernikahansunda-18Paketpernikahansunda-17

Selamat berbahagia Shera dan Firman!