Riasan Paes Untuk Pengantin Berjilbab

by sandraproject

Paes jilbab mulai menjadi pilihan bagi para calon pengantin muslilm belakangan ini. Paes sendiri merupakan riasan tradisional  adat Jawa, dimana sebenarnya ada beberapa macam riasan paes dan kelengkapan busananya, terutama dari Solo (Solo Putri, Solo Basahan) dan dari Jogja (salah satunya adalah Paes Ageng). 

Paes Ageng Yogjakarta merupakan salah satu trend riasan paes yang banyak dipilih sebagai paduan dari paes jilbab. Busana dan tata rias Paes Ageng Yogyakarta ini dulunya hanya boleh dipakai oleh Sultan dan kerabatnya. Setelah jaman Sultan Hamengkubuwono IX masyarakat umum dibolehkan mengenakan gaya busana pengantin ini, seperti juga kain batik yang dulu hanya boleh dikenakan oleh kerabat kerajaan.

Rias-paes-pengantin-berjilbab-02Rias-paes-pengantin-berjilbab-01

Pada riasan jilbab Paes Ageng Yogyakarta, pengantin wanita tetap menjalani beberapa proses yang menjadi pakemnya seperti pengerikan rambut (halup halupan), pembuatan pola di bagian dahi sampai kepinggiran rambut (congkrongan) yang kemudian setelah pola terbentuk pantas pada paras sang pengantin wanita, di akhiri dengan penebalan / pengisian pada keseluruhan pola (kendelan).

Untuk menyamarkan sambungan riasan paes biasanya perias menggunakan semacam penutup kepala serupa dengan stoking hitam, sehingga sambungan antara paes dan penutup kepala terlihat halus. Pakem-pakem hiasan lain kemudian dipasangkan, seperti bando melati sebagai hiasan di  tengah kepala, dilengkapi dengan pethat (sisir berbentuk gunung), cunduk menthul (bunga permata berbatang yang ditancapkan diatas sanggul berjumlah  5 buah). Dan sebagai sentuhan akhir guna menambah keanggunan yang mewah pada wajah sang pengantin, Centhung  (perhiasan berupa sepasang sisir kecil bertahtakan berlian) diletakkan di atas dahi kiri dan kanan.

Kebaya mewah berkerah tinggi merupakan pilihan busana yang banyak dipakai oleh pengantin wanita berjilbab untuk tampil sebagai ratu yang anggun menawan pada hari istimewa tersebut.

Paes jilbab merupakan suatu cara yang cerdas bagi setiap wanita muslimah yang ingin terlihat cantik dengan tidak melupakan nilai nilai tradisi budaya dari mana dia berasal.

 

Lihat post lainnya:
Tata rias dan busana pengantin berjilbab